Definition / Definition of Market and Production Factors – Management Economics Dalam pengertian yang sederhana atau sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu. In a simple sense, or narrowly the market is a place of purchase and sale transactions (sales and purchases) are made by the seller and the buyer is happening at the time and place. Definisi pasar secara luas menurut WJ Stanton adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya. Market definition is widely according to WJ Stanton are the people who have a desire to meet the needs, money to spend and a willingness to spend. Pada umumnya suatu transaksi jual beli melibatkan produk/barang atau jasa dengan uang sebagai alat transaksi pembayaran yang sah dan disetujui oleh kedua belah pihak yang bertransaksi. In general, a transaction involving the sale and purchase of products / goods or services with money as a means of payment transactions are legitimate and approved by both parties to transact. Kegiatan faktor produksi adalah kegiatan yang melakukan proses, pengolahan, dan mengubah faktor-faktor produksi dari yang tidak/kurang manfaat/gunanya menjadi memiliki nilai manfaat yang lebih. Input activity are activities to process, processing, and changing the factors of production that are not / less useful / useless to have a value greater benefits. Faktor- Faktor produksi yang umumnya digunakan adalah tenaga kerja, tanah, dan modal. Factors of production are commonly used are labor, land, and capital. Kelangkaan pada suatu faktor produksi biasanya akan menyebabkan kenaikan harga faktor produksi tersebut. The scarcity of a factor of production will usually cause an increase in input prices. DAFTAR PUSTAKA REFERENCES Hanafiah, AM dan Saefuddin, AM 1986. Hanafi, AM and Saefuddin, AM 1986. Tataniaga Hasil Perikanan. Commerce of Fisheries. UI press. UI press. Jakarta. Jakarta. Irawan dan M. Irawan and M. Suparmoko. Suparmoko. 1998. 1998. ekonomi Pembangunan Edisi Kelima. The Fifth Edition of economic development. BPFE. BPFE. Yogyakarta. Yogyakarta. Muryati, Sri. Muryati, Sri. Pasar Konkrit dan Pasar Abstrak. Markets and Market Abstract Concrete. Ditulis tanggal 6 Januari 2007 www. Written on January 6, 2007 www. e.book.go.id. e.book.go.id. Diakses tanggal 26 November 2008. Accessed on 26 November 2008. Saroso, Wirohadiharjo. Saroso, Wirohadiharjo. 1964. 1964. Pokok-Pokok Ilmu Tataniaga (Marketing). Basic-Basic Science Commerce (Marketing). PT Pembangunan. PT Pembangunan. Jakarta. Jakarta. Tambunan, Tulus. Tambunan, Tulus. 2001. 2001. Perekonomian Indonesia; Teori dan Temuan Empiris. Indonesia’s economy; Theory and Empirical Findings. Ghalia. Ghalia. Jakarta. Jakarta. Winardi. Winardi. 1998. 1998. Kamus Ekonomi. Dictionary of Economics. CV Mandar Maju. CV Mandar Maju. Bandung. Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: