Trofi Jules Rimet : Piala Penuh Petualangan

Tahukah Anda tropi piala dunia sebelum seperti sekarang yang melambangkan 2 orang yang membawa bola dunia? Tropi itu bernama Jules Rimet. Piala ini penuh petualangan, karena selalu dicuri dan kemudian sekarang hilang entah kemana.

Dibuat oleh seniman Perancis, Abel Lafleur. Melambangkan sayap kemenangan. Dengan berat 1,82 kg dan tinggi 30 cm. Keseluruhannya dibuat dari emas murni.

Selama Piala Dunia ditiadakan akibat perang dunia II, oleh wakil presiden FIFA, Dr. Ottorino Barassi, piala itu disimpan didalam kotak sepatu yang diletakan dibawah tempat tidurnya. Hampir saja piala itu disita oleh tentara.

Saat dipamerkan menjelang piala dunia 1966, piala Jules Rimet hilang dicuri orang. Beruntung, seekor anjing pelacak bernama Pickles menemukannya. Piala itu teronggok didalam sebuah tong sampah.

Sejak 1970, Brasil berhak memiliki piala ini secara permanen, karena telah menjuarai piala dunia sebanyak 3 kali. Sayang, itu hanya selama 13 tahun. Pada 1983, piala yang disimpan disebuah bank di Rio de Janiero itu dicuri.

Tak ada yang tahu pasti bagaimana akhir kisah piala Jules Rimet. Ada dugaan kuat, piala itu telah dilebur para maling untuk dijual sebagai emas batangan. Jika benar, tragis sekali nasib salah satu benda paling bersejarah di dunia sepak bola ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: