Tugas Artikel Ekonomi Koperasi

TUGAS ARTIKEL

latar belakang

Latar belakang Sebelum mengerjakan artikel ini saya harus mengetahui apa saja yang inggin/harus di bahas dalam pembuatan artikel ini.saya membuat artikel ini karena saya sanggat suka denggan perkembanggan sepakbola nasional.dan juga sanggat menyukai kompetisi domestic baik di liga indonesia,di copa Indonesia,atau yang lainya oleh sebab itu saya memilih judul kajian ini untuk bahan pembahasan saya,sekaligus untuk memahami lebih lanjut sejarah berdirinya liga Indonesia dan PSSI,dari sejak pertama berdiri hingga sekarang ini.

Kedua saya juga memilih judul salah satu kandidat superliga Indonesia yaitu tim mutiara hitam yaitu persipura jayapura,karena tim tersebut salah satu tim yang cukup setabil permainanya dari musim kemusim ditambah lagi dengan banyaknya pemain asal papua,yang membela tanah kelahiranya yaitu tim persipura jayapura.di artikel ini dijelaskan provile persipura,sejarah berdirinya,prestasi yang sudah diraih,sekuad tim,tiga pemain bintang,sekuad pemain persipura,prediksi musim 2009/2010 dan yang terakhir target musim 2009/2010.

Profil Superliga Indonesia 2009/2010

Persipura Jayapura

Berikut profil lengkap Persipura Jayapura:
Data Klub:
Berdiri             : 1950
Alamat                        : Jl. Balai Kota No.1, Entrop (Kantor Walikota Jayapura)
Telpon             : +62 (0) 967 583742 / 523234
Ketua Umum  : Drs. MR. Kambu, M.Si
Manajer Tim    : Rudy Maswi
Julukan            : Mutiara Hitam
Pelatih             : Jacksen Ferreira Tiago (Brasil)
Stadion            : Mandala Jayapura Papua dan Mattoangin Makassar

Catatan Prestasi:
Era Perserikatan
Runner-up: 1990

Liga
1994/1995       : Peringkat ke-8 Wilayah Timur
1995/1996       : Semifinalis
1996/1997       : 12 Besar
1998/1999       : Peringkat ke-4 Wilayah Timur
1999/2000       : Peringkat ke-5 Wilayah Timur
2001                : Peringkat ke-7 Wilayah Timur
2002                : Delapan Besar
2003                : Peringkat ke-5
2004                : Peringkat ke-13
2005                : Juara liga indonesia
2006                : Peringkat ke-9 Wilayah Timur
2007                : Semi-finalis
2008/2009       : Juara liga indonesia

Copa
2005/2006       : 16 besar
2006/2009       : finalis

Lain-lain
2009                : Juara Community Shield
2009                : Juara Piala Keraton

Sejarah singkat

Persatuan sepakbola Jayapura,atau biasa disebut persipura jayapura,adalah salah satu klub professional yang bermakas di Jayapura,papua.Saat ini klub yang berjuluk “MUTIARA HITAM”ini merupakan salah satu kontestan yang berlaga di superliga 2009/2010.

Karena stadion Mandala Jayapura sedang direnovasi,maka klub ini mengambil stadion Matoangin di Makasar, kandang salah satu kontestan Indonesia superliga yaitu PSM Makasar,untuk menjadi rumah sementara hingga stadium mandala usai dibenahi,rencananya klub ini akan mengunakan matoangin hingga paruh musim.stadion dibenahi untuk menyelengarakan partai Champion Asia.Hinga mencapai setandar kelayakan,yang ditetapkan panitia liga champion Asia.

Meski telah cukup lama berdiri tim ini baru mendapatkan gelar pertamanya di kopetisi profesionalnya yaitu pada tahun 2005.Menjuarai liga Indonesia,yang pertama.Maklum saja karena pada waktu era perserikatan tim ini hanya mampu menjadi runner-up pada tahun(musim)1980.

Karena kala itu Persipura dikalahkan persiraja banda aceh dilaga pamungkas,3-1 kala itu bermain cukup dramatis di stadion utama Glora Bung Karno,Senayan Jakarta.

Memang, dilevel tingkat dua nasional tim ini pernah juara dua kali juara pada musim 1979 dan 1993.Namun tetap saja hal itu tidak mampu menunjukan eksistensi mereka dipentas sepakbola nasional hingga akhirnya tampil menjadi juara di divisi utama.

Memasuki kompetisi 2008/2009 tim ini,menampilkan kemampuan terbaiknya,hal ini didorong dengan manajemen klub yang bagus,dan juga pemain asing yang berkualitas.Bisa ditebak tim yang diarsiteki oleh mantan pemain persebaya,yang bernama lengkap Jacksen Ferreira Tiago asal Berasil ini mampu terus melaju hingga berhasil menapaki gelar juara.

Profil

Tiga Bintang Pemain Muda

Boaz Salossa

Penampilan striker timnas senior ini sedang berada pada performa terbaiknya,dia dapat dipastikan menjadi tombak andalan tim ini,untuk menjadi “mesin gol”.bomber yang juga biasa disapa bochi ini juga akan kembali menjadi tumpuan timnya dalam mendulang poin.

Imanuel Wanggai

Gelandang muda yang satu ini terus menunjukan penampilan meningkat, pada Superliga edisi kedua nanti, ia akan menjadi salah satu andalan Persipura di lini tengah, Daya jelajah yang tinggi serta kemampuan membantu penyerangan yang baik membuat ia menjadi salah satu pemain kunci di lini tengah persipura.

Ricardo Salampessy

Posisi defender timnas senior ini tampaknya belum akan tergantikan untuk mengawal barisan pertahanan Persipura. Memiliki stamina yang baik dengan visi bermain sepakbola modern membuat ia kembali menjadi salah satu andalan “Mutiara Hitam”, dalam upaya membendung serangan lawan. Karena perannya itu pula, lini belakang Persipura sukses mencatat sebagai tim yang paling sedikit kebobolan.

Sekuad pemain persipura 2009/2010

KIPER                        :(1) Jendri Pitoy, (20) Ferdiansyah, (30) Celcius Hindambo.

BELAKANG : (32) Victor Igbonefo, (14) Kamasan Jack Komboy, (45) Bio Paulin Pierre, (15) Gerald Pangkali, Salampessy, (6) David Lally, (25) John Scarlet.

TENGAH       :(26) Ortizan Salossa, (10) Eduard Ivakdalam, (31) Paulo Rumere, (17) Edson Ames, (7) Steve Bonsapia, (11) Imanuel Wanggai, 22) Hendra Ridwan, (18) Brian Sainyakit, (3) Erol Iba.

DEPAN          :(21) Tinus Pae, (9) Alberto Goncalves, (13) Ian Louis Kabes, (86) Boaz Salossa, (19) Matthew Mayora.

Prediksi musim 2009/2010

Tampil sebagai pemenang di ajang Community Shield serta merebut tropi turnamen para musim Piala Keratan di Yogyakarta memang belum jaminan bagi Persipura, untuk bisa kembali mempertahankan tropi Superliga yang mereka rebut pada edisi perdana. Meski demikian, hal itu setidaknya menjadi sinyal positif akan raihan prestasi tim tersebut. Kesempatan mempertahankan gelar juara kompetisi kasta tertinggi sepakbola nasional pun cukup terbuka.juga untuk merebut gelar copa dari rival abadinya yaitu sriwijaya fc.

Target musim 2009/2010

-Mempertahankan piala Presiden(piala liga)

-Merebut piala copa dari tangan rival abadi sriwijaya

-Juga berusaha untuk meraih gelar champion Asia.

Badan Liga Indonesia Resmi Pisah dari PSSI

PT Liga Indonesia sudah disahkan Depkumham sejak Oktober 2008. Tapi, PT Liga Indonesia tersebut baru diresmikan kemarin. Alasannya, mereduksi sistem administrasi kompetisi pada season/musim 2008/2009.Sebelumnya, PT Liga Indonesia lebih dikenal dengan Badan Liga Sepak Bola Indonesia (BLI). BLI bertugas mengelola kompetisi sepak bola nasional yang dibentuk PSSI. Dengan sudah memiliki badan hukum sendiri maka, PT itu bisa mengelola sepak bola secara otonom.Kepemilikan saham Liga mayoritas dikuasai PSSI sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia. Saham PSSI yang bernaung di bawah Yayasan Sepak Bola Indonesia mencapai 99 persen. Satu persen sisanya dimiliki Yayasan Youth Development, mitra PSSI dalam menggulirkan program pembinaan pemain muda.Harapannya pada rentang waktu tahun 2012 hingga 2016, kepemilikan saham akan beralih ke klub anggota Liga, yakni Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama. “Saat ini baru ada tiga klub yang benar-benar profesional. Padahal, klub baru bisa memiliki saham di Liga ketika semuanya sudah professional.Berdasarkan akta notaris pendirian PT Liga Indonesia, terdapat lima orang dewan komisaris. Komisaris Utama dijabat Nirwan Dermawan Bakrie yang juga Wakil Ketua Umum PSSI. Sedangkan, empat komisaris lainnya adalah Nugraha Besoes, Roegandi Soemadipraja, Ibnu Munzir, dan Mafirion. Karena saham terbesar dimiliki PSSI, maka Liga belum seratus persen mandiri. Semua kebijakan tetap dirumuskan dan ditetapkan oleh PSSI. Liga hanya berkewajiban melaksanakan keputusan pemegang saham, termasuk menyetor keuntungan perusahaan.“Dalam tiga tahun terakhir, PT ini sudah terus menyetor laba ke PSSI. Rinciannya, tahun pertama Rp10 miliar. Tahun kedua Rp13,5 miliar. Dan, tahun ketiga Rp15 miliar,” jelas pria asal Ngawi itu.Uniknya, bagi klub-klub nantinya, besaran saham akan mempertimbangkan prestasi.  Klub yang promosi otomastis akan menjadi pemilik saham, menggantikan tim degradasi.  Selain itu,  PT Liga Indonesia akan menerapkan sistem poin untuk menentukan besaran saham. Klub yang menempati posisi teratas di ISL akan mendapatkan proporsi saham yang lebih besar.“Semuanya tergantung usaha klub, jika prestasinya bagus maka sahamnya juga lebih baik. Ini mengacu seperti Liga di Eropa.

LIGA INDONESA

Liga Indonesia adalah kompetisi sepak bola antarklub di Indonesia. Liga Indonesia diselenggarakan oleh PT Liga Indonesia (dahulu Badan Liga Indonesia) dan Badan Liga Amatir (BLA) yang berada di bawah PSSI.

Liga Indonesia dibagi menjadi lima tingkat:Liga Super, Divisi Utama, dan Divisi Satu merupakan kompetisi non-amatir yang dikelola oleh PT Liga Indonesia. Sedangkan kompetisi Divisi Dua, Divisi Tiga, dan seterusnya, termasuk liga remaja, adalah kompetisi amatir yang dikelola oleh BLA.Sebelum penyelenggaraan Liga Super pada tahun 2008, Divisi Utama merupakan kompetisi sepak bola tingkat teratas.

// <![CDATA[// Sejarah:Hingga tahun 1979, kompetisi sepak bola nasional di Indonesia diselenggarakan secara amatir, dan lebih dikenal dengan istilah Perserikatan.Pada tahun 1979/80 diperkenalkan kompetisi Galatama (Liga Sepak Bola Utama). Meski demikian, baik Perserikatan maupun Galatama tetap berjalan sendiri-sendiri. Galatama merupakan kompetisi sepak bola semi-profesional yang terdiri dari sebuah divisi tunggal (kecuali pada musim tahun 1983 dan 1990 terdiri dari 2 divisi).Pada tahun 1994, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia menggabungkan Perserikatan dan Galatama dan membentuk Liga Indonesia. Memadukan fanatisme yang ada di Perserikatan dan profesionalisme yang dimiliki Galatama. Dengan tujuan meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.Pada tahun 2008, PSSI menyelenggarakan Liga Super Indonesia sebagai liga sepak bola profesional pertama di Indonesia, menggantikan Divisi Utama sebagai kompetisi tingkat teratas di Indonesia.

PERSATUAN SEPAK BOLA SELURUH INDONESIA

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, disingkat PSSI, adalah organisasi induk yang bertugas mengatur kegiatan olahraga sepak bola di Indonesia. PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930 dengan nama awal Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Ketua umum pertamanya adalah Ir. Soeratin Sosrosoegondo.

PSSI bergabung dengan FIFA pada tahun 1952, kemudian dengan AFC pada tahun 1954. PSSI menggelar kompetisi Liga Indonesia setiap tahunnya, dan sejak tahun 2005, diadakan pula Piala Indonesia. Ketua umumnya saat ini adalah Nurdin Halid yang sempat diusulkan untuk diganti karena tersandung masalah hukum.

// <![CDATA[// Sejarah:PSSI dibentuk pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta dengan nama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Sebagai organisasi olahraga yang lahir pada masa penjajahan Belanda, kelahiran PSSI ada kaitannya dengan upaya politik untuk menentang penjajahan. Apabila mau meneliti dan menganalisa lebih lanjut saat-saat sebelum, selama, dan sesudah kelahirannya hingga 5 tahun pasca proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, terlihat jelas bahwa PSSI lahir dibidani oleh muatan politis, baik secara langsung maupun tidak, untuk menentang penjajahan dengan strategi menyemai benih-benih nasionalisme di dada pemuda-pemuda Indonesia yang ikut bergabung.

PSSI didirikan oleh seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo. Ia menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, Jerman, pada tahun 1927 dan kembali ke tanah air pada tahun 1928. Ketika kembali, Soeratin bekerja pada sebuah perusahaan bangunan Belanda, Sizten en Lausada, yang berkantor pusat di Yogyakarta. Di sana beliau merupakan satu-satunya orang Indonesia yang duduk sejajar dengan komisaris perusahaan konstruksi besar itu. Akan tetapi, didorong oleh semangat nasionalisme yang tinggi, beliau kemudian memutuskan untuk mundur dari perusahaan tersebut.

Setelah berhenti dari Sizten en Lausada, Soeratin lebih banyak aktif di bidang pergerakan. Sebagai seorang pemuda yang gemar bermain sepak bola, beliau menyadari kepentingan pelaksanaan butir-butir keputusan yang telah disepakati bersama dalam pertemuan para pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 (Sumpah Pemuda). Soeratin melihat sepak bola sebagai wadah terbaik untuk menyemai nasionalisme di kalangan pemuda sebagai sarana untuk menentang Belanda.

Untuk mewujudkan cita-citanya itu, Soeratin rajin mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh sepak bola di Solo, Yogyakarta, dan Bandung. Pertemuan dilakukan dengan kontak pribadi secara diam-diam untuk menghindari sergapan Polisi Belanda (PID). Kemudian, ketika mengadakan pertemuan di hotel kecil Binnenhof di Jalan Kramat 17, Jakarta, Soeri, ketua VIJ (Voetbalbond Indonesische Jakarta), dan juga pengurus lainnya, dimatangkanlah gagasan perlunya dibentuk sebuah organisasi sepak bola nasional. Selanjutnya, pematangan gagasan tersebut dilakukan kembali di Bandung, Yogyakarta, dan Solo yang dilakukan dengan beberapa tokoh pergerakan nasional, seperti Daslam Hadiwasito, Amir Notopratomo, A. Hamid, dan Soekarno (bukan Bung Karno). Sementara itu, untuk kota-kota lainnya, pematangan dilakukan dengan cara kontak pribadi atau melalui kurir, seperti dengan Soediro yang menjadi Ketua Asosiasi Muda Magelang.

Kemudian pada tanggal 19 April 1930, berkumpullah wakil dari VIJ (Sjamsoedin, mahasiswa RHS), BIVB – Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (Gatot), PSM – Persatuan sepak bola Mataram Yogyakarta (Daslam Hadiwasito, A. Hamid, dan M. Amir Notopratomo), VVB – Vortenlandsche Voetbal Bond Solo (Soekarno), MVB – Madioensche Voetbal Bond (Kartodarmoedjo), IVBM – Indonesische Voetbal Bond Magelang (E.A. Mangindaan), dan SIVB Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (Pamoedji). Dari pertemuan tersebut, diambillah keputusan untuk mendirikan PSSI, singkatan dari Persatoean Sepak Raga Seloeroeh Indonesia. Nama PSSI lalu diubah dalam kongres PSSI di Solo pada tahun 1930 menjadi Persatuan sepak bola Seluruh Indonesia sekaligus menetapkan Ir. Soeratin sebagai ketua umumnya.

Daftar ketua umum

SUMBER:Stasiun televisi penyiar antv,tvone

Situs web:http://www.ligaindonesia.oc.id

Kesimpulan

Dari artikel yang telah saya buat ini dapat disimpulkan bahwa pada perkembangan sepak bola di Indonesia tidak segampang yang kita lihat sekarang,untuk mencapai keadaan sekarang perlu melewati beberapa tahapan,yang cukup rumit apalagi untuk menggikuti kompetisi mancanegara harus melalui proses,dalam artikel ini kita dapat mengetahui sejarah perkembanggan sepakbola nasional,dari awal hingga sampai sekarang ini.

Dari artikel ini juga dapat saya simpulkan menggenai salah satu tim kandidat kompetisi sepakbola liga Indonesia yaitu tim persipura jayapura mengenai sejarah tim,provile tim,sekuad pemain,prestasi tim,prediksi tim dan yang terakhir target tim tersebut.Dalam mengarunggi kompetisi musim 2009-2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: